KOMPUCER
  Loading...

Cara Mengatasi Komputer Lambat

Semua orang pasti akan merasakan jengkel apabila komputer yang di gunakan lelet alias lambat. Dengan lambat/lemotnya kinerja komputer maka semua pekerjaan yang dilakukan akan tertunda dan lama juga selesai.
Cara Mengatasi Komputer Lambat

Pastinya dibalik lambatnya komputer, ada masalah yang menjadi penyebab komputer menjadi lemot, salah satu faktor yang umum membuat komputer menjadi lemot yaitu usia komputer itu sendiri. Selain umur dari komputer ada juga faktor-faktor lainnya. Berikut beberapa faktor yang dapat membuat komputer anda menjadi lambat dan sekaligus cara mengatasinya.

1. Memory yang kurang

Cobalah anda cek kapasitas memory yang terpasang dan sesuaikan juga aplikasi serta sistem operasi yang dipakai dengan kapasitas memory anda.

2. Terlalu banyak menginstall program

Terlalu banyak menginstall program juga dapat membuat komputer lambat, hal ini karena aplikas tersebut juga memakan ruangan di hardisk. Selain  itu, pada saat startup aplikasi tersebut juga akan ikut diproses sehingga juga membuat lambat proses startup.

Jadi, saran saya uninstall saja aplikasi yang tidak berguna yang terinstall dilaptop anda. Cara ini memang tidak akan membantu banyak tapi setidaknya bisa mengurangi masalah ini.

3. Startup dan service yang berjalan

Sepeti yang sudah disinggung diatas, bahwa aplikasi yang terlalu banyak akan memberatkan saat proses startup. Jadi, jika anda merasa butuh dengan aplikasi tersebut dan tidak ingin meng-uninstallnya. Setidaknya hentikan saja startup yang tidak begitu di butuhkan.

Untuk mematikan startup berikut caranya : Tekan Windows + R - ketikan msconfig - klik tab startup - hilangkan cetang pada aplikasi yang tidak ingin menampilkan startup.

4. Terlalu banyak security program

Setiap komputer memang sangat membutuhkan yang namanya antivirus dan firewall, namun untuk pemasangan antivirus pun tidak boleh terlalu berlebihan. Karena antivirus tersebut akan selalu aktif untuk melindungi komputer jadi akan dikeluarkan kinerja oleh komputer untuk menjalankan antivirus tersebut.

Coba anda banyangkan saja, jika anda memasang banyak sekali antivirus, tentunya kinerja yang dikeluarkan komputer akan semakin banyak dan membuat komputer menjadi lebih lemot. Kalau menurut saya, pasang saja 1 antivirus dan aktifkan firewall komputer. Dengan 1 antivirus yang terus diupdate maka kemungkinan komputer terjangkit virus akan sangat kecil.

5. Temporary file yang sudah membengkak

File temporary atau file sementara yang sudah membengkak dapat menyebabkan komputer menjadi lambat. Untuk mengatasi hal ini anda bisa melakukan clean up disk anda. untuk melakukan clean up baca disini (Cara Clean Up Dan Defrag Hardisk)

6. Masalah pada hardisk

Selain masalah pada Ram yang membuat komputer menjadi lambat, masalah yang terjadi pada hardisk pun dapat membuat kinerja komputer menjadi lemot. Biasanya masalah ini disebabkan karena beberapa kerusakan berikut.

  • Hardisk yang terlalu tua sehingga membuat rpmnya menurun
  • Hardisk yang terfragmentasi
  • Hardisk error atau bad sector
  • Hardisk yang low space
Untuk mengatasi masalah pada hardisk anda bisa melakukan hal berikut :
  • Perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk
  • Lalukan clean up dan defrag hardisk secara berkala, kalau saya bisanyanya 1-2 bulan sekali.
  • Hindari komputer dari debu
Itulah beberapa langkah dan cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi komputer yang lemot dan lambat. Semoga postingan ini bermanfaat bagi anda.
Previous
Next Post »

 
Back To Top